Sabtu, 23 Februari 2013

Tips Menggunakan Konsultan Keuangan

Saran akurat, tepat waktu, objektif, dengan referensi informasi memadai yang diberikan konsultan profesional bisa menghemat uang Anda hingga ribuan dolar. Ribuan dolar yang bisa saja hilang akibat keputusan investasi yang buruk. Konsultan profesional tahu bagaimana cara mengelola uang Anda dengan disiplin yang baik. Tapi, sebelum Anda merelakan uang Anda untuk dikelola orang lain, pastikan dia bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
Pertanyaan untuk Konsultan Keuangan Anda
”Akankah Anda tanyakan utang dan kewajiban saya?”
Tiap konsultan yang bekerja sepantas bayarannya akan berusaha memperoleh gambaran lengkap keuangan Anda sebelum menawarkan saran keuangan apa pun.
”Bagaimana produk/aksi yang Anda rekomendasikan bisa membantu saya mencapai tujuan-tujuan saya?”
Memang, duduk diam dan membiarkan konsultan Anda menangani urusan-urusan Anda itu jauh lebih mudah. Cukup terima bunga pasif di akhir investasi. Cukup tahu sepintas lalu bagaimana uang Anda bekerja. Tak lebih. Mudah sekali. Masalahnya, pengembalian investasi itu terkait langsung dengan pencapaian tujuan-tujuan Anda. Kalau ingin Anda dan konsultan Anda tetap fokus di jalur yang benar, tanyakan pertanyaan ini!
Bagaimana struktur biaya produk atau transaksi ini?”
Sebagai konsumen, kita wajib tahu–sejelas-jelasnya–apa yang kita beli dengan uang kita. Memahami segala biaya yang akan Anda tanggung harus dicantumkan dalam strategi investasi Anda. Bagi kebanyakan konsumen, ini membingungkan. Jadi pastikan konsultan membantu Anda memahami detailnya.
Tapi ingat, isu terbesar mestinya bukan berapa total biaya. Hasil yang Anda peroleh setelah dipotong segala biaya, itulah yang menentukan apakah investasi tertentu layak Anda pilih.
Berapa lama Anda menekuni bisnis ini?”
Pengalaman bukan jaminan. Tapi seorang konsultan yang mendedikasikan beberapa tahun dari hidupnya untuk pekerjaan ini biasanya lebih sanggup mengenali potensi risiko dan jebakan beragam produk investasi.
Apa kualifikasi Anda?”
Di banyak negara konsultan harus mengantungi lisensi sebelum berpraktik. Kalau syarat ini tidak diwajibkan di negara Anda, pertimbangkan jasa konsultan dari institusi keuangan yang mapan dan bereputasi baik.
Apa spesialisasi Anda dan bagaimana spesialisasi itu akan membantu saya?”
Kalau konsultan Anda berspesialisasi di area-area tertentu, cari tahu apakah keahliannya itu relevan dengan portfolio investasi yang Anda harapkan.
Bagaimana cara Anda membantu saya memaksimalkan pengembalian terkait keberanian saya menanggung risiko?”
Anda mungkin sudah mengisi kuesioner untuk membantu konsultan Anda memastikan tingkat toleransi risiko Anda, tapi satu rencana belum tentu baik untuk semua orang. Jangan ragu untuk bertanya hingga mendetail; pilihan-pilihan lain mungkin saja terbuka setelahnya.
Seberapa sering portfolio saya dinilai ulang?”
Alokasi aset Anda berubah-ubah, tergantung tahap kehidupan Anda dan kondisi-kondisi ekonomi eksternal. Bersama konsultan Anda, nilai ulang portfolio setidaknya tiap 6 bulan. Kalau memang perlu, lakukan penyesuaian alokasi aset.
Bagaimana cara Anda memperoleh ide-ide investasi baru? Di mana Anda menginvestasikan uang Anda?”
Seorang konsultan yang baik bukan cuma mengandalkan kiat-kiat dari manajer investasi. Cari tahu apakah konsultan Anda terkait dengan organisasi tertentu yang bisa mempengaruhi penilaian profesionalnya.

sumber:  mywealth.co.id

1 komentar:

  1. Saran akurat, tepat waktu, objektif, dengan referensi informasi
    memadai yang diberikan konsultan profesional bisa menghemat uang Anda
    hingga ribuan dolar. Ribuan dolar yang bisa saja hilang akibat keputusan
    investasi yang buruk. Konsultan profesional tahu bagaimana cara
    mengelola uang Anda dengan disiplin yang baik. Tapi, sebelum Anda
    merelakan uang Anda untuk dikelola orang lain, pastikan dia bisa
    menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

    BalasHapus

Konsultan kredit umkm, solusi tepat usaha anda

100 juta – 500 juta – 1 milyar akan cair di tangan anda

Hot Line 021 4085 9152