Kamis, 07 Maret 2013

Cetak Konsultan UMKM

BALIKPAPAN - Guna memperluas akses permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Balikpapan menggelar pelatihan konsultasi keuangan mitra perbankan.
"Para peserta merupakan debitur UMKM yang mampu mengelola manajemen keuangan dengan baik," kata Kepala KPw BI, Tutuk SH Cahyono disela kegiatan, kemarin.
Selanjutnya, para peserta yang tuntas mengikuti pelatihan akan berperan sebagai konsultan sekaligus pendamping bagi pelaku UMKM dan channeling bagi perbankan. Tak sekadar membantu memperoleh akses modal, para peserta ini akan ikut melakukan pemberdayaan UMKM dan menanamkan nilai edukasi, agar bergerak menjadi bankable dan memperoleh pembiayaan.
"Karena selama ini persoalan UMKM adalah kurangnya modal usaha dan belum bankable," timpal dia.
Saat ini penyerapan kredit bagi UMKM menyentuh 33 persen dari total penyaluran kredit perbankan tahun ini. Namun berdasarkan data KPw BI, baru 50 persen pelaku UMKM belum berkesempatan memanfaatkan kredit modal kerja dari perbankan. Adanya kegiatan yang pelaksanaannya memasuki tahun kedua diharapkan mampu membuka peluang seluasnya bagi pelaku UMKM. Ini juga bagian dari dukungan KPw BI pasca kebijakan baru ditetapkan. Berupa kewajiban bank menyalurkan 20 persen dari total kreditnya, untuk UMKM ini. Tentu saja kehadiran konsultan yang dibentuk KPw BI, membantu kerja bank yang baru kali pertama terjun pada pembiayaan mikro hingga menengah. (dra)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultan kredit umkm, solusi tepat usaha anda

100 juta – 500 juta – 1 milyar akan cair di tangan anda

Hot Line 021 4085 9152