Jumat, 08 Maret 2013

43 Pasar di DKI Sudah Diremajakan

Kondisi pasar yang memprihatinkan, membuat pasar tradisional kalah bersaing dengan pasar modern. Untuk mengembalikan minat warga berbelanja di pasar tradisional hingga tahun 2013 ini sebanyak 43 pasar dari 97 pasar yang diperbaiki telah selesai diremajakan PD Pasar Jaya. Sedangkan, sisanya 54 pasar tengah diperbaiki dan diperkirakan rampung tahun 2014.

Dirut PD Pasar Jaya, Djangga Lubis mengatakan, PD Pasar Jaya memiliki 153 pasar. Namun, hingga saat ini terdapat 97 pasar dalam tahap perbaikan. Dari 97 pasar tersebut, sebanyak 43 pasar yang telah diremajakan dan sisanya 54 pasar akan selesai diperbaiki pada tahun depan. "Ada 43 pasar yang telah diremajakan dari 97 pasar yang diperbaiki. Hampir separuhnya yang sudah kita perbaiki. Sisanya sedang diperbaiki," ujar Djangga Lubis, saat HUT ke-46 PD Pasar Jaya, di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (19/1).

Menurutnya, pasar yang saat ini telah diremajakan seperti Pasar Gembrong, Pasar Koja Baru, dan Pasar Kelapagading. Sedangkan, pasar yang tengah diperbaiki, seperti Pasar Kalibaru, Pasar Gondangdia, Pasar Cijantung, dan Pasar Ciplak. "Peremajaan pasar tersebut ada yang dikerjakan sendiri oleh PD Pasar Jaya dan ada juga yang oleh pihak ketiga. Anggaran perbaikannya miliaran rupiah," katanya tanpa merinci.

Ke depan, sambung Djangga Lubis, PD Pasar Jaya juga akan menata kaki lima di liingkungan pasar agar masuk ke dalam pasar. Di DKI Jakarta sendiri terdapat 4.083 tempat usaha yang siap menampung pedagang kaki lima (PKL). "Itu masih kami lakukan terus. Ada beberapa pasar yang sudah kita tentukan dan memang di lokasi pasar itu ada tempat yang kosong untuk menampung pedagang kaki lima," ungkapnya.

Dikatakannya, PD Pasar Jaya pada tahun 2011 lalu telah menyetor Rp 26 miliar pendapatan asli daerah (PAD). Jumlah tersebut merupakan peringkat ketiga tertinggi, setelah Bank DKI dan Ancol. "Dalam menghadapi persaingan yang ketat ini, kami tentunya melaksanakan evaluasi manajemen pasar, merubah struktur manajemen, memperbanyak kerjasama dengan pihak ketiga, melakukan perbaikan fisik pasar, sehingga bersih dan nyaman," imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, PD Pasar Jaya juga menyumbang beras 100 ton kepada korban banjir, santunan kepada 300 anak yatim, memberikan Kartu Jakarta Sehat (KJS) kepada 26 pedagang, pengobatan gratis kepada para pedagang, pemerikasaan mata, SIUP gratis kepada pedagang, timbangan pasar, dan 18 PKL dimasukkan ke dalam Pasar Kramatjati.


sumber Beritajakarta.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konsultan kredit umkm, solusi tepat usaha anda

100 juta – 500 juta – 1 milyar akan cair di tangan anda

Hot Line 021 4085 9152